Kamis, 16 Juli 2009

Afriany Yudhitia 234108005

BAB I

PENDAHULUAN

A.

1

Latar Belakang Masalah

Perkembangan dunia penerbangan komersil di Indonesia telah mengalami kemajuan yang sangat pesat, seiring dengan distandarisasikannya seluruh fasilitas di bandar udara sesuai dengan standar internasional. Bandar udara yang merupakan pintu gerbang bagi para wisatawan domestik maupun mancanegara untuk sampai di tempat tujuan wisata memerlukan pelayanan yang prima (service excellent).

Bandar Udara Internasional Adisutjipto merupakan salah satu bandar udara internasional yang terdapat di Indonesia. Bandar Udara Internasional Adisutjipto terdiri dari 4 divisi, yaitu divisi operasi, divisi teknik, divisi komersial dan pengembangan usaha, serta divisi keuangan dan administrasi. Divisi operasi sebagai divisi yang menaungi keseluruhan kegiatan operasional di bandar udara membawahi empat dinas yakni dinas pelayanan bandar udara, dinas keselamatan dan keamanan, dinas komunikasi penerbangan dan rangtika, serta dinas ADC-APP.

Apron Movement Control (AMC) adalah salah satu kegiatan operasional yang berada di bawah naungan dinas pelayanan bandar udara bersama dengan dinas penerangan, merupakan ujung tombak pengaturan pesawat udara pada saat di area apron. AMC sangat berperan penting karena tidak lepas dari aktivitas-aktivitas pergerakan pesawat udara pada saat di darat. Untuk memperlancar semua kegiatan di bandar udara diperlukan fasilitas yang baik dan memadai serta berstandar internasional.

Seiring dengan semakin padatnya lalu lintas udara di Indonesia khususnya di Bandar Udara Internasional Adisutjipto Yogyakarta, maka fasilitas yang di berikan oleh unit AMC harus sebaik mungkin seperti pengaturan pergerakan pesawat udara ketika di darat, memposisikan pesawat udara dengan baik pada saat parkir, inspeksi seluruh area apron setiap waktu dan pengecekan apron setelah digunakan sehingga memberikan kenyamanan pada penumpang baik saat boarding maupun sebaliknya. Oleh karena itu, dalam penulisan laporan ini penulis memberi judul “Aktivitas Pelayanan pada Apron Movement Control (AMC) di PT. (Persero) Angkasa Pura I Bandar Udara Internasional Adisutjipto Yogyakarta”.

B. Rumusan Masalah

Berdasarkan hal–hal yang melatar belakangi masalah yang ada, maka penulis merumuskan masalah pada skripsi ini adalah “Bagaimana Prosedur Aktivitas Pelayanan pada Apron Movement Control (AMC) di Bandar Udara Internasional Adisutjipto Yogyakarta”.

C. Batasan Masalah

Mengingat terbatasnya waktu kerja serta terbatasnya kemampuan penulis dalam menghimpun data. Maka, penulis hanya memberi batasan pada “Aktivitas Pelayanan Apron Movement Control (AMC) di PT. (Persero) Angkasa Pura I Bandar Udara Internasional Adisutjipto Yogyakarta”.

D. Tujuan Penulisan

Penulisan yang dilakukan penulis di PT. (Persero) Angkasa Pura I Bandar Udara Internasional Adisutjipto Yogyakarta mempunyai maksud dan tujuan untuk mengetahui aktivitas pelayanan pada unit Apron Movement Control (AMC) di PT. (Persero) Angkasa Pura I Bandar Udara Internasional Adisutjipto Yogyakarta.

E. Manfaat Penulisan

Penulisan skripsi ini dapat memberikan manfaat baik bagi perusahaan tempat penelitian tersebut maupun pihak kampus / akademik tempat penulis belajar. Yaitu diantaranya:

1. Perusahaan

Tulisan ini diharapkan dapat dijadikan sebagai informasi tambahan bagi perusahaan terutama pada unit Apron Movement Control (AMC) di PT. (Persero) Angkasa Pura I Bandar Udara Internasional Adisutjipto Yogyakarta, serta dapat dijadikan bahan masukan bagi kinerja perusahaan dalam upaya meningkatkan aktivitas pelayanan perusahaan.

2. Akademik

Hasil penulisan ini bisa digunakan sebagai tambahan pustaka yang nantinya dapat berguna bagi Mahasiswa bila sewaktu-waktu membutuhkan, serta dapat dijadikan perbandingan dalam penelitian di masa yang akan datang.

3. Penulis

a. Meningkatkan ilmu pengetahuan di bidang transportasi udara dan mengenal kinerja pelayanan apron movement control di PT. (Persero) Angkasa Pura I Bandar Udara Adisutjipto Yogyakarta.

b. Penulis dapat mengaplikasikan teori yang pernah dipelajari dalam bentuk praktek sebagai perbandingan antara ilmu yang diperoleh di bangku kuliah dengan keaadan sesungguhnya yang terjadi dilapangan dan dapat meningkatkan motivasi penulis dalam menghadapi dunia kerja.

F. Metode Penulisan

Metode yang penulis gunakan dalam penulisan laporan ini adalah sebagai berikut :

1. Objek Penulisan

Dalam penulisan skripsi ini penulis mengambil objek “Aktivitas Pelayanan pada Apron Movement Control (AMC) di PT. (Persero) Angkasa Pura I Bandar Udara Internasional Adisutjipto Yogyakarta” .

2. Data yang digunakan.

Dalam membuat tulisan ini , data-data yang digunakan oleh penulis antara lain :

a. Data Primer

Adalah data yang diperoleh langsung dari objek penulisan dengan menggunakan alat pengukuran atau pengambilan data langsung dari subjek sumber informasi yang dicari.[1] Dalam hal ini data primer diperoleh dari penelitian di lapangan serta wawancara dengan pelaksana tugas operasi dan pengawas tugas operasi.

b. Data Sekunder

Adalah data yang diperoleh lewat pihak lain yang secara tidak langsung oleh peneliti dari subjek sumber informasi. Data sekunder berwujud data dokumentasi atau data lampiran yang telah tersedia.[2]

3. Metode pengumpulan data

Metode yang digunakan dalam pengumpulan data :

a. Observasi

Pengamatan yang dilakukan secara sengaja dan sistematis. Dalam observasi ini peneliti terlibat dalam kegiatan sehari-hari obyek yang sedang diamati atau yang sedang digunakan sebagai sumber data penelitian, sambil melakukan apa yang dikerjakan oleh sumber data dan ikut merasakannya.[3]

b. Wawancara

Salah satu metode pengumpulan data yang dilakukan untuk mendapat

informasi secara langsung dengan menggunakan pertanyaan kepada para responden atau wawancara dengan tidak terstruktur, yaitu wawancara yang bebas tanpa menggunakan pedoman wawancara yang telah tersusun secara sistematis dan lengkap untuk mendapatkan data. Pedoman yang digunakan hanya berupa garis-garis besar permasalahan.[4]

c. Dokumentasi

Kajian teoretik yang dilakukan untuk mendapatkan informasi dengan cara mencari sumber–sumber data lewat buku atau literature yang berkaitan dengan penulisan yang diambil oleh penulis.

G. Metode Pembahasan

Metode pembahasan yang digunakan dalam penyusunan tulisan ini adalah Metode Deskriptif Kualitatif. Metode Deskriptif Kualitatif adalah melaporkan keadaan yang menurut kenyataan secara rinci, padat, telaah mendalam, secara langsung mencatat apa yang ditangkap mengenai pandangan dan pengalaman orang.

H. Sistematika Penulisan

Penulisan skripsi dengan judul “Aktivitas Pelayanan pada Apron Movement Control (AMC) di PT. (Persero) Angkasa Pura I Bandar Udara Internasional Adisutjipto Yogyakarta” menggunakan sistematika penulisan laporan sebagai berikut :

BAB I PENDAHULUAN

Dalam bab ini berisi tentang latar belakang masalah, rumusan masalah, batasan masalah, tujuan penulisan, manfaat penulisan, metode penulisan, metode pembahasan dan sistematika penulisan.

BAB II LANDASAN TEORI

Dalam bab ini membahas tentang pengertian bandar udara, sarana dan prasarana bandar udara, pengertian apron movement control (AMC), fungsi unit AMC, serta pelayanan di unit AMC.

BAB III GAMBARAN UMUM

Dalam bab ini membahas tentang sejarah berdirinya PT.(Persero) Angkasa Pura I, visi, misi dan tujuan perusahaan, sejarah berdirinya Bandar Udara Internasional Adisutjipto Yogyakarta, struktur organisasi, potensi wilayah Yogyakarta serta fasilitas dan bidang usaha perusahaan.

BAB IV TEMUAN DAN BAHASAN

Dalam bab ini berisi tentang penjabaran aktivitas pelayanan pada apron movement control (AMC) di PT. (Persero) Angkasa Pura I Bandar Udara Internasional Adisutjipto Yogyakarta serta kegiatan administrasi unit apron movement control (AMC) di PT. (Persero) Angkasa Pura I Bandar Udara Internasional Adisutjipto Yogyakarta.

BAB V PENUTUP

Dalam bab ini berisi tentang kesimpulan dan saran.



[1] Saifudin Azwar, Metode Penelitian, Ghalia Indonesia, Jakarta, 1995, hlm. 91

[2] Ibid, hlm. 91

[3] Sugiyono, Metode Penelitian Bisnis, Edisi I, CV. Alfabeta, Bandung, 1999, hlm 129.

[4] Sugiyono, Metode Penelitian Bisnis, Edisi I, CV. Alfabeta, Bandung, 1999. Hlm 129.

5 komentar:

  1. boleh minta nomer hpnya ga??
    bulan ini saya juga baru KP di AMC adisutjipto,
    kalau boleh send aja ya ke
    1. http://bagusslamdeath.blogspot.com/
    2. http://www.myspace.com/deathraven86
    3. http://twitter.com/bagusmetalhead
    4. http://www.facebook.com/home.php?#!/profile.php?id=1571150784

    atau langsung message aja ke nomor saya 085643719925

    thanks sebelumnya kawans...

    BalasHapus
  2. boleh ngopy bab 4 nya ga? pengen tau juga tugas2 AMC. tnks be 4 (black.andhi@gmail.com)

    BalasHapus
  3. Utk bab 4 nya sendiri menggunakan data kuantitatif atau kualitatif?
    Btw izin copy utk jadikan referensi metopen
    Thnaks

    BalasHapus