Selasa, 21 Juli 2009

vidi hayumahendra 224105038

bab ipendahuluan

a. Latar Belakang MasalahPada era globalisasi sekarang ini jarak antara suatu negara dengan negara lain bisa ditempuh dengan waktu yang sangat singkat. Terutama apabila menggunakan jasa transportasi udara. Sehingga masyarakat disuatu negara dapat akses dengan mudah memasuki negara lain. setiap tahun pertumbuhan pengiriman ekspor maupun impor dan arus barang lewat udara terus mengalami peningkatan yang sangat pesat baik di tingkat domestik maupun internasional. Dalam setiap negara, ekspor merupakan devisa yang sangat membantu perekonomian negara tersebut. Oleh karena itu pengiriman barang ke setiap negara memiliki peranan yang sangat penting dalam lalu lintas perdagangan di masyarakat dan ekonomi negara yang bersangkutan. Jasa pengiriman barang ini mencakup didalamnya kegiatan pengiriman barang dengan menggunakan moda transportasi dari satu tempat ke tempat lainnya, baik melalui darat, laut, dan udara. jasa ini tidak mengenal batas geografis pada daerah pedalaman dan negara- negara maju maupun yang sedang berkembang.Industri forwarder merupakan salah satu dari segelintir bidang usaha yang dapat mempertahankan eksistensinya. Dalam hal ini freight forwarder merupakan kegiatan pendukung jasa transportasi yang sedang berkembang pesat. salah satu dari perusahaan freight forwarder dari indonesia yang beroperasi di indonesia adalah pt. Maktrans Nusa Indah atau biasa disebut (pt. mni). Perusahaan ini melakukan kegiatannya dengan menintegrasikan beberapa kegiatan yang saling berkaitan dengan pengiriman barang seperti custom clearance, cargo export dan import handling, cargo agent, trucking, express courier dan sebagainya yang mencakup kegiatan didalamnya yaitu pengiriman barang ekspor maupun impor. dari barang tersebut berada di tempat asal hingga barang itu sampai ke tempat tujuan. Atas dasar itulah pt. Maktrans Nusa Indah juga memperhatikan sekitar pendistribusian fisik pada kegiatan usahanya. hal ini di lakukan untuk mengantisipasi perkembangan industri serta persaingan dunia usaha yang sangat kompetitif. berdasarkan uraian diatas maka penulis tertarik untuk menganalisis lebih dalam untuk mengemukakan dalam bentuk skripsi karya tulis ilmiah dengan judul ” ANALISIS STRATEGI meningkatkan PEMASARAN KARGO EKSPOR PADA pt maktrans nusa indah Tangerang periode januari – desember tahun 2007 ”.
B. Perumusan Masalah 1. Identifikasi Masalah berdasarkan uraian yang telah dipaparkan dalam latar belakang masalah diatas, bahwa analisis swot bertujuan untuk menyusun strategi pemasaran dalam jangka panjang untuk menentukan posisi dan kondisi perusahaan. sehingga arah dan tujuan perusahaan dapat dicapai dengan jelas dan dapat segera diambil keputusan, serta perubahannya dalam menghadapi pesaing. Untuk itu penuliss membuat skripsi ini. Dengan demikian penulis menyimpulkan identifikasi masalah sebagai berikut :
strategi pemasaran kargo ekspor yang tidak optimal dalam pelaksanaanya.
pengoperasian kargo ekspor saat ini belum efektif untuk menarik customer.
sumber daya manusia yang dimiliki belum terampil dalam melayanicustomer.
semakin ketat dan banyaknya persaingan antar forwarders terutamapersaingan untuk menghadapi forwarders asing yang masuk ke indonesiayang memiliki modal yang lebih kuat dan brandname perusahaan ternama.
menurunnya kualitas pelayanan di bandingkan tahun - tahunsebelumnya sehingga diperlukan perbaikan strategi.
Pembatasan Masalah
Karena permasalahan yang dimiliki oleh perusahaan ini sangat banyak dan luas ruang lingkupnya maka penulis membatasi masalah yang berkaitan dengan isi analisa tersebut yaitu analisis strategi meningkatkan pemasaran kargo ekspor pada pt Maktrans Nusa Indah tujuan Incheon Korea di Taman Niaga Soewarna Cengkareng Tangerang periode Januari – Desember pada tahun 2007.
Pokok Permasalahan
berdasarkan pembatasan masalah yang di paparkan oleh penulis diatas maka pokok permasalahan dalam penelitian adalah :
Bagaimana kondisi atau posisi kargo ekspor PT Maktrans Nusa Indah pada tahun 2007 dengan menggunakan analisis SWOT?
Bagaimana strategi pemasaran yang harus dilakukan oleh pt. Maktrans Nusa Indah untuk meningkatkan pemasaran kargo ekspor?
c. Tujuan Dan Manfaat Penulisan
1. Tujuan Penelitian
Untuk mengetahui kondisi atau posisi kargo ekspor PT Maktrans Nusa Indah pada tahun 2007 dengan menggunakan analisis SWOT.
Untuk mengetahui strategi pemasaran yang dilakukan oleh pt. Maktrans Nusa Indah untuk meningkatkan pemasaran kargo ekspor.
2. Manfaat Penelitian
Bagi Penulis
untuk menambah pengetahuan dan wawasan mengenai strategi meningkatkan pemasaran dalam suatu perusahaan terutama masalahyang adadidalamnya.
untuk memenuhi salah satu persyaratan akademik untuk memperolehgelar sarjana ekonomi di stmt trisakti.
Bagi Perusahaan
Sebagai input atau masukan bagi perusahaan dan juga bahan pertimbanganuntuk menentukan rencana kerja dan pengembangan perusahaan dimasa yang akan datang.
Bagi Masyarakat Dan Lembaga Pendidikan
untuk memperluas wawasan mahasiswa dan masyarakat sertamenambah ilmu pengetahuan di bidang pemasaran.
sebagai bahan penelitian dan pengembangan ilmu pengetahuan dilembaga pendidikan, dalam hal ini stmt trisakti.
D. Metodologi Penelitian Dalam hal pengumpulan data serta keterangan – keterangan yang di perlukan dan dipergunakan beberapa teknik pengumpulan data. Hal ini dimaksudkan agar dapat di ketahui teknik yang dipergunakan dalam upaya memperoleh data dalam penulisan skripsi ini digunakan.
1.Metode Pengumpulan Data
a.Penelitian Lapangan ( Field Research ) Metode pengumpulan data dan informasi dengan mengadakan tinjauan langsung keperusahaan guna mengamati secara langsung objek yang diteliti. Data ini merupakan data primer yang akan dipakai dalam menganalisis topik yang dipilih untuk dapat memperoleh data ini yaitu melalui :
Wawancara
Yaitu alat pengumpulan data untuk memperoleh informasi langsung dari sumbernya dengan berkomunikasi tanya jawab secara langsung dengan orang yang diberikan wewenang untuk memberikan data dengan mencatat jawaban dari responden atas pertanyaan dari peneliti sebagai pewawancara (interviewer) dengan alat atau instrumen daftar wawancara (interview list).
ObservasiYaitu melakukan pengamatan dan pencatatan langsung fakta yang dijumpai pada objek penelitian serta data yang diberikan oleh perusahaan.
3)Kuesioner Yaitu dengan cara meminta kepada responden untuk menulis sendiri jawaban atau pendapat atas pertanyaan peneliti yang termuat dalam kuisioner (daftar pertanyaan tertulis, atau angket) yang diberikan kepada responden. Alat atau instrumen yang digunakan untuk survey kuesioner berupa daftar pertanyaan itu yang disebut kuesioner atau angket.
b. Penelitian Kepustakaan ( Library Research )
penelitian kepustakaan ini dimaksudkan untuk mencari, membaca, mencatat dan pengumpulan bahan bacaan dari literatur yang terdapat di perpustakaan mengenai analisis swot serta data data dari sumber tertentu yang berkaitan dengan masalah yang di teliti.
2.Metode Analisis Data
teknis analisis data yang penulis gunakan adalah analisis swot. analisis swot merupakan salah satu model lingkungan perusahaan yang berfungsi untuk menjelaskan pertanyaan dimana posisi perusahaan sekarang serta menjelaskan strategi apa saja nantinya cocok digunakan untuk perusahaan agar kelemahan serta ancaman yang dimiliki saat ini dapat dijadikan kekuatan serta peluang yang membuat perusahaan dapat bersaing dengan persahaan asing.Dalam metode analisis ini, analisis SWOT menggambarkan posisi atau kondisi pada saat ini dimana perusahaan tersebut berada. metode analisis swot yaitu mengumpulkan data-data dari sisi lingkungan eksternal perusahaan maupun dari sisi internal perusahaan dan sisi eksternal perusahaan, maka akan diperoleh informasi tentang kesempatan (opportunities ) yang dapat dimanfaatkan dan ancaman (threat) yang harus di hindarkan . selanjutnya dari sisi lingkungan internal perusahaan, akan diperoleh informasi tentang kekuatan (strength) dan kelemahan (weakness) dan pada proses akhir penempatan posisi kuadran dari perusahaan tersebut , kemudian ditentukan strategi dasar yang dicocokan dengan strategi yang dipakai oleh perusahaan untuk lebih jelasnya dapat dilihat pada contoh beberapa teknik analisis SWOT IE Matrix dibawah ini :
TABEL I.1

FAKTOR STRATEGIS INTERNAL (IFAS)
FAKTOR STRATEGIS INTERNAL

BOBOT

RATING

SKOR

KOMENTAR

Kekuatan :



Kelemahan :








TOTALSKOR PEMBOBOTAN






TABEL I.2

FAKTOR STRATEGIS EKSTERNAL (EFAS)
FAKTOR STRATEGIS INTERNAL

BOBOT

RATING

SKOR

KOMENTAR

Peluang :



Ancaman :








TOTAL SKOR PEMBOBOTAN






Sumber : Freddy Rangkuti (2006 : 149-150)

GAMBAR I.1
DIAGRAM ANALISIS SWOT







Sumber : Freddy Rangkuti (2006 : 19)
E. Sistematika PenulisanUntuk memudahkan dalam mengkaji penulisan ini maka diuraikan secara ringkas Skripsi ini disiapkan dalam 5 (lima) bab, dengan sistematika penulisan sebagai berikut :
BAB I PENDAHULUANDalam bab ini dibahas latar belakang masalah, perumusan masalah, tujuan dan manfaat penelitian, metode penelitian, dan sistematika penulisan. BAB II LANDASAN TEORIPada bab ini akan diuraikan definisi dan teori-teori yang berhubungan dengan pokok bahasan skripsi ini seperti, metode analisis SWOT, manajemen pemasaran dan bauran pemasaran, manajemen strategi jasa transportasi udara, pengertian kargo, pengertian ekspor & imporserta freight forwarder.
BAB 11IGAMBARAN UMUM PT. MAKTRANS NUSA INDAH
Bab ini berisi tentang gambaran umum perusahaan, sejarah singkat perusahaan, visi dan misi perusahaan, struktur organisasi dan manajemen perusahaan serta kegiatan usaha perusahaan.
BAB IVANALISIS DAN PEMBAHASAN
Dalam bab ini dibahas mengenai analisis data menggunakan analisis SWOT dalam meningkatkan pemasaran berupa kelemahan dan kekuatan dan strategi pemasaran kargo ekspor yang dimiliki oleh PT. Maktrans Nusa Indah serta ancaman dan peluang yang dihadapi, dengan menggunakan aspek penilaian SWOT, tabel IFAS dan EFAS, Matrix SWOT.
BAB VPENUTUP Bab ini merupakan bab terakhir dan keseluruhan kesimpulan dari bab IV. Dalam bab penutup ini dikemukakan kesimpulan dan saran - saran kepada PT. Maktrans Nusa Indah yang mungkin akan bermanfaat bagi perusahaan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar